SPEKTRUM INDUSTRI
Vol. 16 No. 2: Oktober 2018

EVALUASI TINGKAT KUALITAS LAYANAN INDUSTRI MODA TRANSPORTASI PUBLIK DENGAN INTEGRASI PENDEKATAN SERVQUAL DAN IPA DIAGRAM

Syamsul Bahri (Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin)
Armin Darmawan (Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2018

Abstract

Perhatian publik terhadap kebutuhan layanan transportasi menjadi perhatian penting utamanya di Negara-negara berkembang. Kajian ini berfokus pada analisis tingkat layanan transportasi public, dan tingkat ekspektasi terhadap suatu layanan transportasi publik. Metode kajian menggunakan survey terhadap responden yang menggunakan layanan transportasi publik dengan instrumen kuesioner yang berbasis pada SERVQUAL. SERVQUAL merupakan metode yang handal dalam melakukan pemetaan tingkat kepuasaan pelanggan dengan lima dimensi; reliability, tangible, assurance, empathy, responsiveness. Hasil menunjukkan pemetaan 22 atribut bernilai negative yang berarti terdapat masalah ketidakpuasan pada hampir seluruh layanan. Berdasarkan pendekatan diagram Importance-Performance Analysis menunjukkan dari 22 atribut terdapat 6 atribut (4 atribut pada dimensi Tangible, satu atribut pada dimensi Assurance dan satu atribut pada dimensi Empathy) yang dominan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan artinya menurut pelanggan bahwa enam atribut tersebut penting dan disisi lain kinerja layanannya rendah. Sehingga diperlukan langkah-langkah improvement untuk kembali meningkatkan tingkat kualitas layanan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Spektrum

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Spektrum Industri is a media published scientific articles in the science scope related to engineering and/or industrial management both research and theoretical. Literature review will be considered if it is written by an expert. Spektrum Industri is published by Universitas Ahmad Dahlan in twice a ...