Primary Didactic: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 2 No 2 (2022): Primary Didactic: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MENGENAL PEMERINTAHAN DESA SISWA KELAS IV SD NEGERI BULA KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR

Wandoka, Waidah (Unknown)
Ritiauw, Samuel Patra (Unknown)
Johannes, Nathalia Yohana (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri 4 Bula Kabupaten Seram Bagian Timur. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 5 laki-laki dan 15 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Bula Kabupaten Seram Bagian Timur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didactic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Primary Didactic berfokus pada hasil penelitian terkait penelitian pendidikan di bidang konsep ilmiah pendidikan dasar yang meliputi matematika, sains, ilmu sosial, kewarganegaraan, dan bahasa Indonesia pendidikan pada pendidikan sekolah dasar serta dinamika pendidikan yang berdampak pada ...