Pendidikan agama berkaitan dengan pendidikan akhlak, tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa pendidikan akhlak dalam pengertian Islam adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pendidikan agama. Pendidikan Islam sebagai suatu proses pengembangan potensi kreatifitas peserta didik, bertujuan untuk mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, cerdas, terampil, memiliki etos kerja yang tinggi, berbudi pekerti luhur, mandiri dan bertanggung jawab terhadap dirinya, bangsa dan Negara serta agama. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; pertama, bagaimana implementasi pendidikan Akhlak di Madrasah ini? Kedua, bagaimana hasil yang diperoleh melalui pendidikan akhlak dalam pembentukan kepribadian santri di Madrasah ini?. Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian adalah MI Al-Falah I Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi terhadap sejumlah sumber terkait. Analisis data dilakukan selama dan setelah penelitian berlangsung. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi pendidikan Akhlak dilakukan langsung oleh Guru-guru du luar proses pembelajaran. Kedua, hasil yang di peroleh dalam penguatan pribadi muslim siswa melalui pendidikan akhlak Kelas VI MI Al-Falah I Sumber Gayam Kadur Pamekasan adalah menjadikan siswa bertanggung jawab, memperkuat keimanan, terbiasa berakhlakul karimah, mampu memelihara kebersihan madrasah dan dapat mempererat tali Ukhuwah Islamiyah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023