Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan ahli media dan ahli materi, penilaian guru, dan respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit berorientasi kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develepoment (R&D) dengan model pengembangan Lee & Owens (2004) yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif, dan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa e-LKPD berbasis Problem Based Learning memperoleh kelayakan dari validasi ahli media dan ahli materi dengan persentase 97% dan 89,4%. Memperoleh penilain oleh guru sebesar 91,4% dan respon peserta didik terhadap media e-LKPD dengan persentase sebesar 93,4%. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan e-LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit berorientasi kemampuan berpikir kritis peserta didik media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran kimia.
Copyrights © 2025