Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam meningkatkan literasi sains siswa kelas 4 SD terkait pemahaman konsep energi. Model STAD, yang menekankan kerja sama kelompok, diyakini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang sulit, seperti konsep energi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan 22 siswa di SDN 1 Talaga. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis tugas individu siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model STAD dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, memperkuat pemahaman mereka terhadap konsep energi, dan menciptakan suasana pembelajaran yang kooperatif. Meskipun terdapat tantangan, seperti perbedaan kemampuan antara siswa dan keterbatasan waktu, penggunaan teknologi dan pengelolaan peran dalam kelompok dapat mengatasi hambatan tersebut. Umpan balik guru yang konstruktif juga berperan penting dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa. Secara keseluruhan, penerapan model STAD efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa di tingkat sekolah dasar, terutama dalam pembelajaran konsep-konsep ilmiah yang kompleks
Copyrights © 2025