Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 3 Nomor 4 (April 2025

Analisis Implementasi Model Pembelajaran Think-Talk-Write-Square (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA: Penelitian

Suleman (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran TSTS (Think-Talk-Write-Square) di SDN 4 Talaga Jaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA, khususnya dalam memahami konsep-konsep ilmiah yang kompleks seperti energi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan observasi, wawancara, dan analisis tugas individu siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TSTS dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, mendorong interaksi positif dalam kelompok, dan memperdalam pemahaman siswa terhadap materi. Selain itu, penerapan model ini juga menghadapi beberapa tantangan, seperti pengelolaan waktu dan perbedaan tingkat pemahaman antar siswa. Solusi yang diterapkan, seperti pengelolaan dinamika kelompok dan penggunaan teknologi untuk mempercepat evaluasi, berhasil mengatasi tantangan tersebut. Peran umpan balik guru juga terbukti penting dalam memperbaiki pemahaman siswa dan meningkatkan motivasi mereka untuk berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, model TSTS menunjukkan potensi yang besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa di pelajaran IPA

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...