Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran TSTS (Think-Talk-Write-Square) di SDN 4 Talaga Jaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA, khususnya dalam memahami konsep-konsep ilmiah yang kompleks seperti energi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan observasi, wawancara, dan analisis tugas individu siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TSTS dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, mendorong interaksi positif dalam kelompok, dan memperdalam pemahaman siswa terhadap materi. Selain itu, penerapan model ini juga menghadapi beberapa tantangan, seperti pengelolaan waktu dan perbedaan tingkat pemahaman antar siswa. Solusi yang diterapkan, seperti pengelolaan dinamika kelompok dan penggunaan teknologi untuk mempercepat evaluasi, berhasil mengatasi tantangan tersebut. Peran umpan balik guru juga terbukti penting dalam memperbaiki pemahaman siswa dan meningkatkan motivasi mereka untuk berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, model TSTS menunjukkan potensi yang besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa di pelajaran IPA
Copyrights © 2025