Penelitian ini memliki tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VA di SDN Pakis 8 Surabaya dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dengan menggunakan permainan tradisional boi-boian sebagai metode pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang akan diimplementasikan dalam dua siklus. Untuk mengetahui pandangan siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan, data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan angket. Setelah implementasi permainan boi-boian terlihat adanya peningkatan dalam motivasi belajar siswa. Pada siklus I, motivasi siswa tercatat sebesar 64% dengan 20 dari 32 siswa tergolong termotivasi, sementara pada siklus II meningkat menjadi 81% dengan 25 siswa termotivasi, melampaui target yang ditetapkan yaitu 78%. Permainan boi-boian terbukti mampu mewujudkan lingkungan belajar yang menyenangkan sekaligus meningkatkan keterlibatan siswa, dan mendukung guru dalam mencapai tujuan pembelajaran PJOK secara lebih maksimal. Oleh karena itu, studi ini memperlihatkan bahwa implementasi permainan boi-voinan implementasi permainan boi-boi an memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas V A di SDN Pakis 8 Surabaya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025