Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul sistem periodik unsur berbasis Guided Note Taking (GNT) dengan bantuan aplikasi VistaCreate dan FlipHtml5 serta mengetahui kelayakan, penilaian guru, dan respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) 4D, yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate, namun hanya sampai tahap uji coba kelompok kecil pada 15 siswa kelas XI SMAN 3 Sungai Lilin. Instrumen penilaian berupa lembar validasi ahli dan angket respon guru serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat valid secara konseptual dengan skor validitas >80%-100%, mendapat penilaian sangat valid dari guru, serta respon siswa sangat positif. E-modul ini layak digunakan sebagai media pembelajaran sistem periodik unsur yang interaktif dan mendukung pemahaman konsep secara mandiri. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul sistem periodik unsur berbasis GNT berbantuan VistaCreate dan FlipHtml5 berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran kimia dan layak digunakan secara teoritis dan praktis
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025