Permasalahan utama dalam dunia pendidikan adalah kurangnya pemahaman guru terhadap gaya belajar siswa yang berdampak pada pencapaian hasil belajar yang belum optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi hubungan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar, terutama di jenjang SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kecenderungan gaya belajar siswa dan dampaknya terhadap hasil belajar mereka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan wawancara mendalam dengan guru mata pelajaran. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan dokumen hasil observasi. Penelitian ini melibatkan 107 siswa dan beberapa guru di SMAN 1 Tebas. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan kecenderungan gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki gaya belajar kinestetik, diikuti oleh visual dan auditori, dan gaya belajar ini berkontribusi terhadap cara mereka memahami materi. Penelitian ini menyarankan penerapan pembelajaran berdiferensiasi agar proses pembelajaran lebih efektif dan sesuai dengan karakteristik belajar siswa
Copyrights © 2025