Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas III SD Kanisius Kembaran. Jenis penilitian ini adalah Penilaian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 19 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022-2023 di SD Kanisius Kembaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan tes yang dilengkapi dengan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data terkait aktifitas guru dan peserta didik. Tes digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa dokumen dan foto kegiatan yang bermanfaat bagi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dalam muatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas III meningkat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada siklus I menunjukkan sebanyak 63,15 % (12 peserta didik) mencapai KKM kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94,73 % (18 peserta didik) telah memperoleh nilai akhir ≥ 75. Peningkatan hasil ketercapaian indikator keberhasilan penelitian siklus II diperoleh melalui perbaikan dan penyempurnaan tindakan
Copyrights © 2023