(JUPI) Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 1 No 2 (2023): Edisi Juli

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SD

Kinanti Fariza Utami (Universitas Sanata Dharma Yogyakarta)
Luisa Diana Handoyo (Universitas Sanata Dharma Yogyakarta)
Ridwan Rahadiyanto (SD Kanisius Kembaran)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas III SD Kanisius Kembaran. Jenis penilitian ini adalah Penilaian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 19 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022-2023 di SD Kanisius Kembaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan tes yang dilengkapi dengan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data terkait aktifitas guru dan peserta didik. Tes digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa dokumen dan foto kegiatan yang bermanfaat bagi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dalam muatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas III meningkat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada siklus I menunjukkan sebanyak 63,15 % (12 peserta didik) mencapai KKM kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94,73 % (18 peserta didik) telah memperoleh nilai akhir ≥ 75. Peningkatan hasil ketercapaian indikator keberhasilan penelitian siklus II diperoleh melalui perbaikan dan penyempurnaan tindakan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

page

Publisher

Subject

Education

Description

(JUPI) Jurnal Pendidikan Indonesia merupakan jurnal online peer-review akses terbuka yang menyediakan forum untuk berbagi kajian ilmiah tentang Teknologi pendidikan, manajemen pendidikan dan penelitian tindakan kelas. Redaktur menyambut artikel dan laporan penelitian yang membahas isu-isu terkini ...