(JUPI) Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 1 No 3 (2023): Edisi November

Penggunaan Media Chatbot pada Model Pembelajaran Discovery Learning

Nuzhatur Rohmah (Diniyah Al-Itqon)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan media chatbot dalam model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa indonesia dan menggunakan metode quasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS MA Bi'rul Ulum yang berjumlah 208 siswa. Sampel diambil berdasarkan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan dan uji t sampel mandiri dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan nilai pretest rata-rata 41,82 dan skor posttest 81,56. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas kontrol, dengan nilai pretest rata-rata 35,29 dan rata-rata posttest 76,74. (3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan perbandingan nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol, yaitu sebesar 0,69 dan 0,63. Jadi, menggunakan media chatbot dalam model pembelajaran instruksi langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

page

Publisher

Subject

Education

Description

(JUPI) Jurnal Pendidikan Indonesia merupakan jurnal online peer-review akses terbuka yang menyediakan forum untuk berbagi kajian ilmiah tentang Teknologi pendidikan, manajemen pendidikan dan penelitian tindakan kelas. Redaktur menyambut artikel dan laporan penelitian yang membahas isu-isu terkini ...