(JUPI) Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 2 No 1 (2024): Edisi Maret

Pemanfaatan Aplikasi Google Sebagai Media Pembelajaran Madrasah Tsanawiyah

Uswatun Chasanah (MTs Bi'
rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Memilih media pembelajaran online perlu cermat dan tepat sesuai dengan kemampuan pendidik dan kebutuhan serta karakter peserta didik. Aplikasi Google untuk pendidikan adalah salah satu media online yang banyak pakai para pengajar dalam melakukan pembelajaran online termasuk guru  MTs Bi’rul Ulum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penggunaan aplikasi google bagi para guru di  MTs Bi’rul Ulum Gemurung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan 24 guru  MTs Bi’rul Ulum sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diggunakan adalah reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat adalah aplikasi Google sangat membantu dalam proses pembelajaran online. Aplikasi google yang paling sering digunakan adalah google meet, google classroom, google forms di mana sebanyak 24 guru menggunakan atau sebasar 100% responden. Aplikasi google yang jarang digunakan oleh guru  MTs Bi’rul Ulum Gemurung adalah google slide, google calender, google doc. Alasannya beberapa guru tidak mengerti fungsi aplikasi itu dan sudah terbiasa dengan aplikasi lainnya pada Microsoft.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

page

Publisher

Subject

Education

Description

(JUPI) Jurnal Pendidikan Indonesia merupakan jurnal online peer-review akses terbuka yang menyediakan forum untuk berbagi kajian ilmiah tentang Teknologi pendidikan, manajemen pendidikan dan penelitian tindakan kelas. Redaktur menyambut artikel dan laporan penelitian yang membahas isu-isu terkini ...