(JUPI) Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 2 No 1 (2024): Edisi Maret

Efektivitas AI Dalam Pembelajaran Seni Budaya Di Mts Bi’rul Ulum

Fatimatuz Zahro (MTs Bi'
rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran seni budaya. Metode penelitian yang digunakan   adalah   mixed-methods,   menggabungkan   pendekatan   kuantitatif   dan kualitatif. Partisipan penelitian terdiri dari 100 siswa MTs Bi’rul Ulum yang menggunakan AI sebagai metode pembelajaran Seni Budaya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menirukan, mempraktikkan dan publikasikan setelah menggunakan AI. Temuan ini mendukung efektivitas penggunaan  AI dalam  pembelajaran  bahasa.  Selain  itu,  penelitian  ini  juga  mengisi kekosongan penelitian sebelumnya dalam konteks penggunaan AI dalam pembelajaran seni budaya di institusi pendidikan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya integrasi AI dalam kurikulum pembelajaran Seni Budayauntuk meningkatkan hasil pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam pemahaman kita tentang penggunaan AI dalam pembelajaran Seni Budayadan menunjukkan potensi besar AI dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan adaptif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

page

Publisher

Subject

Education

Description

(JUPI) Jurnal Pendidikan Indonesia merupakan jurnal online peer-review akses terbuka yang menyediakan forum untuk berbagi kajian ilmiah tentang Teknologi pendidikan, manajemen pendidikan dan penelitian tindakan kelas. Redaktur menyambut artikel dan laporan penelitian yang membahas isu-isu terkini ...