Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran seni budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed-methods, menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Partisipan penelitian terdiri dari 100 siswa MTs Bi’rul Ulum yang menggunakan AI sebagai metode pembelajaran Seni Budaya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menirukan, mempraktikkan dan publikasikan setelah menggunakan AI. Temuan ini mendukung efektivitas penggunaan AI dalam pembelajaran bahasa. Selain itu, penelitian ini juga mengisi kekosongan penelitian sebelumnya dalam konteks penggunaan AI dalam pembelajaran seni budaya di institusi pendidikan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya integrasi AI dalam kurikulum pembelajaran Seni Budayauntuk meningkatkan hasil pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam pemahaman kita tentang penggunaan AI dalam pembelajaran Seni Budayadan menunjukkan potensi besar AI dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan adaptif.
Copyrights © 2024