Pendidikan di Indonesia, khususnya di tingkat sekolah dasar menghadapi tantangan dalam menciptakan metode pembelajaran yang efektif. Salah satu faktor kunci yang memengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar adalah gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar siswa di SD Negeri 1 Rowoharjo dan bagaimana gaya belajar tersebut memengaruhi penerapan metode pembelajaran yang efektif. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar berbeda-beda, yaitu visual, auditori, dan kinestetik yang berpengaruh pada cara mereka menyerap dan mengolah informasi. Dengan menerapkan pembelajaran diferensiasi yang sesuai dengan gaya belajar siswa, guru dapat meningkatkan keterlibatan dan prestasi akademik siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pentingnya penyesuaian metode pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan individual siswa, serta mendorong sekolah untuk melakukan evaluasi berkala terhadap metode pembelajaran yang diterapkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025