Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran yang berbasis artificial intelligence pada siswa Madrasah Ibtidaiyah serta bagaimana dampak pelaksanaan pembelajaran ini terhadap perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang sifatnya kualitatif dengan menggunakan metode studi literasi dan observasi (pengamatan). Untuk itu, pengumpulan data dilakukan melalui studi literasi dengan melakukan pengkajian terhadap penelitian- penelitian terdahulu yang memiliki judul hampir sama dengan penelitian ini. Pengumpulan data juga dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap beberapa pembelajaran yang telah menggunakan artificial intelligence di MIN 1 Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran yang berbasis artificial intelligence termasuk salah satu inovasi dalam bidang pendidikan sehingga pembelajaran lebih bermakna. Selain itu, dapat diketahui juga bahwa penerapan pembelajaran berbasis artificial intelligence ini membawa dampak positif dalam perkembangan kognitif siswa seperti membuat siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran serta membuat siswa menjadi lebih mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru.
Copyrights © 2024