(JUPI) Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 2 No 03 (2024): Edisi November

Implementasi Pembelajaran Bermakna Berbasis Artificial Intelligence

Aprilia Rusita (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran yang berbasis artificial intelligence pada siswa Madrasah Ibtidaiyah serta   bagaimana   dampak   pelaksanaan   pembelajaran   ini terhadap perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang sifatnya kualitatif dengan menggunakan metode studi literasi dan observasi (pengamatan). Untuk itu, pengumpulan data dilakukan melalui studi literasi dengan melakukan pengkajian terhadap penelitian- penelitian terdahulu yang memiliki judul hampir sama dengan penelitian ini. Pengumpulan data juga dapat dilakukan dengan  melakukan  pengamatan  terhadap  beberapa  pembelajaran yang telah menggunakan artificial intelligence di MIN 1 Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran yang berbasis artificial intelligence termasuk salah satu inovasi dalam bidang pendidikan sehingga pembelajaran lebih bermakna. Selain itu, dapat diketahui juga bahwa penerapan pembelajaran berbasis artificial intelligence ini membawa  dampak  positif   dalam  perkembangan  kognitif  siswa seperti membuat siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran serta membuat siswa menjadi lebih mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

page

Publisher

Subject

Education

Description

(JUPI) Jurnal Pendidikan Indonesia merupakan jurnal online peer-review akses terbuka yang menyediakan forum untuk berbagi kajian ilmiah tentang Teknologi pendidikan, manajemen pendidikan dan penelitian tindakan kelas. Redaktur menyambut artikel dan laporan penelitian yang membahas isu-isu terkini ...