Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran spin wheel terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 3 Betung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis penelitian Quasi Eksperimental. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III, kelas III.A berjumlah 18 siswa dan kelas III.B berjumlah 17 siswa tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes soal pilihan ganda berjumlah 10 soal. Instrumen tersebut bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas III.A yang menggunakan media pembelajaran Spin Wheel dan siswa kelas III.B yang menggunakan media konvensional. Validitas instrumen tes diuji dengan rumus Pearson Product Moment dan untuk mengetahui reliabilitasnya diuji dengan metode Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji-t (Independent Sample T-test), yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitasnya. Nilai rata-rata posttest kelas eskperimen sebesar 74,44 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 58,82. Hasil uji-t diperoleh sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima yang artinya yaitu: terdapat pengaruh media pembelajaran Spin Wheel terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 3 Betung.
Copyrights © 2024