Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik pada Materi Segiempat dan Segitiga Kelas IV SDN 3 Kayuagung

Oktarina, Icha (Unknown)
Kesumawati, Nila (Unknown)
Nurlela, Nurlela (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi segiempat dan segitiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode Deskriptif Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 3 Kayuagung tahun ajaran 2023/2024. Peserta didik diberikan soal tes berupa essai. Selanjutnya hasil tes tersebut dianalisis berdasarkan pencapaian indikator penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Menganalisis pencapaian tiap indikator kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi segiempat dan segitiga. Setelah dianalisis diperoleh rata-rata persentase kemampuan penalaran matematis peserta didik dari kelima indikator yang meliputi: peserta didik mampu menarik kesimpulan yang logis sebanyak 77,50%, peserta didik mampu memberikan penjelasan dengan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan sebanyak 57,00%, peserta didik mampu memperkirakan jawaban dan proses solusi sebanyak 53,31%, peserta didik mampu menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi atau membuat analogi dan generalisasi sebanyak 53,50%, dan peserta didik mampu menyusun dan menguji konjektur sebanyak 40,00%. Jadi keseluruhan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi segiempat dan segitiga termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata persentase 56,26%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...