Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pengembangan E-Modul Berbasis Augmented Reality pada Materi Geometri Bangun Ruang di Kelas V Siswa Sekolah Dasar

Ananda, Mardha Tilla (Unknown)
Octaria, Dina (Unknown)
Wulandari, Iswayuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar ialah modul digital yaitu e-modul berbasis augmented reality pada materi geometri bangun ruang di kelas v siswa sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara tidak terstruktur, angket dan tes hasil belajar peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan satu variable yaitu kualitas dari e-modul berbasis augmented reality. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan, bahwa hasil penilaian angket dari para validator memperoleh rata-rata kevalidan sebesar 91 % yang berarti e-modul termasuk kriteria sangat valid. Penilaian kepraktisan diperoleh dengan rata-rata 90% yang berarti e-modul berbasis augmented reality termasuk dalam kriteria sangat praktis dan hasil belajar peserta didik melalui soal essay memperoleh 21 peserta didik dinyatakan tuntas dan 2 tidak tuntas dengan persentase 92% yang berarti e-modul berbasis augmented reality kriteria sangat efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...