Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengimplementasian projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam meningkatkan kreatvitas belajar siswa dengan salah satunya yaitu membuat projek yaitu pemanfaatan barang bekas yang diambil materi gaya hidup berkelanjutan. Hal ini dikarenakan salah satu permasalahan yang ada dilingkungan sekolah, untuk mengurangi sampah yang dibuang sembarangan dan juga penelitian ini dilakukan untuk melihat implementasi pembelajaran yang dilakukan guru apakah berjalan dengan baik sehingga tercapai tujuan pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas V A SDN 5 Lumpatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai informan, guru kelas V A dan siswa-siswi kelas V A SDN 5 Lumpatan sebagai subjek yang akan peneliti amati. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa melalui beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, dari penerapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan sesuai tahap pembelajaran tersebut sehingga pembelajaran projek ini dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa sesuai dengan indikator kreativitas belajar yang telah peneliti lakukan.
Copyrights © 2024