Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Analisis Manajemen Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di KB/TK Anak Cerdas Ungaran

Astuti, Asih Dwi (Unknown)
Fauziah, Syifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Manajemen merupakan suatu proses mengelola lembaga dengan bantuan sumber daya yang ada. Anak berkebutuhan khusus sampai saat ini masih kurang dalam memperoleh pelayanan pendidikan, yang seharusnya memperoleh pelayanan pendidikan memadai disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Pendidikan inklusi merupakan layanan pendidikan yang dapat diimplementasikan di sekolah agar anak berkebutuhan khusus dapat belajar bersama dengan anak-anak sebayanya di sekolah regular. Tujuan penelitian ini menganalisis manajemen pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di KB/TK Anak Cerdas Ungaran Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator inklusi, guru kelas dan guru pendamping khusus. Adapun objek penelitian ini adalah manajemen pembelajaran di KB/TK Anak Cerdas Ungaran. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.  Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian manajemen pendidikan inklusi di KB/TK Anak Cerdas Ungaran pada tahap perencanaan menggunakan program asesmen. Tahap pengorganisasian kepala sekolah memberikan wewenang kepada koordinator inklusi. Tahap pengarahan dilakukan kepala sekolah kepada koordinator inklusi dilanjutkan pada guru pendamping khusus. Tahap pengawasan, kepala sekolah melakukan pengawasan untuk memastikan tujuan yang dirancang. Faktor yang pendukung manajemen pembelajaran diantaranya anak mampu berkomunikasi dan memahami instruksi serta adanya rotasi tempat duduk. Faktor penghambatnya anak memiliki emosi dan konsentrasi yang labil. Kesimpulan: manajemen pembelajaran bagi ABK di KB/TK Anak Cerdas Ungaran telah menerapkan prinsip manajemen meliputi perencanaan, mengorganisasikan, pelaksanaan, pengawasan dan mengevaluasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...