Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Peran Superego dalam Pembentukan Etika dan Moral Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia

Aprinawati, Iis (Unknown)
Atmoko, Adi (Unknown)
Dewi, Radeni Sukma Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2024

Abstract

Pendidikan karakter di sekolah dasar memegang peran krusial dalam membentuk dasar-dasar moral dan etika siswa. Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran tidak hanya mengajarkan aspek linguistik, tetapi juga memperkenalkan nilai-nilai budaya, sastra, dan moral. Teori psikoanalisis Freud menyoroti pentingnya superego dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana pembelajaran Bahasa Indonesia dapat memaksimalkan peran superego dalam membentuk karakter siswa. Melalui kajian literatur, disimpulkan bahwa materi pembelajaran Bahasa Indonesia, seperti cerita rakyat dan diskusi kelas, dapat efektif menyampaikan nilai-nilai moral. Peran guru dalam memilih materi dan merancang pembelajaran juga sangat penting. Implementasi pendidikan karakter melalui Bahasa Indonesia dapat dilakukan melalui strategi kontekstual, diskusi kelompok, refleksi pribadi, penilaian berbasis proyek, dan penggunaan media sastra. Dengan demikian, pendekatan ini dapat memperkuat pemahaman dan penerapan nilai-nilai moral siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...