Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Pengguanaan Alat Peraga Kartu Positif Negatif pada Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 42 Pontianak Kota

Islami, Resty Nur (Unknown)
Hairida, Hairida (Unknown)
Kresnadi, Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kartu Positif Negatif Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan tindakan dengan bentuk eksperimen untuk mencari hubungan sebab akibat perlakuan tertentu terhadap sesuatu yang lain. Subjek penelitian yaitu siswa yang berjumlah 65 orang siswa kelas III A dan kelas III B Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik observasi langsung dan teknik pengukuran berupa penerapan Kartu Posneg. Alat pengumpul data berupa tes dengan bentuk essay. Penelitian ini dilakukan selama enam kali. Hasil penelitian ini antara lain: hasil analisis uji t menggunakan rumus Polled varian diperoleh t 5% dengan dk = 53) sebesar 2,007. Karena sebesar 2,255 dan t (2,255) > (α = (2,007), maka terdapat pengaruh penerapan Alat Peraga Kartu Posneg terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III, dan hasil penghitungan dengan menggunakan rumus effect size diperoleh ES sebesar 0,62. Kriteria besarnya effect size berada pada kategori sedang. Penerapan Alat Peraga Kartu Posneg memberikan pengaruh (efek) yang sedang terhadap peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...