Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kartu Positif Negatif Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan tindakan dengan bentuk eksperimen untuk mencari hubungan sebab akibat perlakuan tertentu terhadap sesuatu yang lain. Subjek penelitian yaitu siswa yang berjumlah 65 orang siswa kelas III A dan kelas III B Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik observasi langsung dan teknik pengukuran berupa penerapan Kartu Posneg. Alat pengumpul data berupa tes dengan bentuk essay. Penelitian ini dilakukan selama enam kali. Hasil penelitian ini antara lain: hasil analisis uji t menggunakan rumus Polled varian diperoleh t 5% dengan dk = 53) sebesar 2,007. Karena sebesar 2,255 dan t (2,255) > (α = (2,007), maka terdapat pengaruh penerapan Alat Peraga Kartu Posneg terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III, dan hasil penghitungan dengan menggunakan rumus effect size diperoleh ES sebesar 0,62. Kriteria besarnya effect size berada pada kategori sedang. Penerapan Alat Peraga Kartu Posneg memberikan pengaruh (efek) yang sedang terhadap peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota.
Copyrights © 2024