Motivasi belajar adalah salah satu hal yang perlu untuk didorong dan terus ditumbuhkan dalam diri siswa agar dapat mencapai keberhasilan pembelajaran. Faktanya motivasi belajar sisiwa kelas IX-J SMPN 16 Surabaya masih perlu untuk didorong. Peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai upaya untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif, kreatif dan inovatif yang dapat mendorong tumbuhnya motivasi belajar siswa pada Pendidikan Pancasila melalui pemanfaatan platform wordwall sebagai sarana pembelajaran. PTK dilakuakan dengan pra siklus dan dua siklus dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evalusasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan platform wordwall sebagai sarana pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX-J SMPN 16 Surabaya, ditunjukkan dengan peningkatan presentase pemenuhan indikator motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat berdasarkan hasil olah data angket motivvasi belajar siswa yang memperoleh presentase 56,65% masuk dalam kategori kurang pada pra siklus, 76,65% pada siklus I masuk kategori baik, dan 93,681% pada siklus II masuk dalam kategori sangat baik.
Copyrights © 2024