Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang berbantuan dengan Quizizz. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan tuntutan Kurikulum Merdeka yang menekankan minat belajar. Dengan metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral Kemmis dan McTaggart dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik di kelas XI SAINS-1 SMA Labschool UNESA-1. Variabel penelitian ini adalah minat belajar dan berbantuan dengan Quizizz. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket minat belajar, lembar observasi, dan catatan lapangan. Dan dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik secara deskriptif dengan menggunakan persentase dan sajian grafik. Selain itu, digunakan juga analisis kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peningkatan minat peserta didik sebesar dari total persentase minat peserta didik siklus I sebesar 38,81% dan 61,19% untuk siklus II. Dari perbandingan kedua siklus, minat belajar peserta didik dengan model pembelajaran PBL berbantuan Quizizz dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pembelajaran Pendidikan Pancasila yang lebih efektif dan menyenangkan, serta meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Copyrights © 2024