Indonesian Research Journal on Education
Vol. 3 No. 3 (2023): irje 2023

Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi menggunakan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar

Aprinawati, Iis (Unknown)
Fitri, Liti Jana (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN 014 Kumantan. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran belum mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas IV SDN 014 Kumantan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November 2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 11 orang dengan jumlah laki-laki 4 orang dan perempuan berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN 014 Kumantan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I dengan rata-rata 76,36%. Selanjutnya dari 11 orang siswa hanya 7 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 81,81%. Pada siklus II tinggi dengan rata-rata 84,54% dari 11 orang siswa terdapat 11 orang yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi kelas IV SDN 014 Kumantan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...