Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran mata kuliah Bahasa Inggris. Berdasarkan pre-observation yang dilakukan, model pembelajaran konvensional yaitu ceramah (dosen menjelaskan dan mahasiswa mendengarkan) mahasiswa cenderung kurang bersemangat dan cenderung bosan dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. Penelitian ini adalah jenis penelitian Ekperimen dimana terdapat 2 kelas yang dijadikan tempat uji yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan (1) Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan 2 kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen, hasil pre test menunjukkan semua Uji Normalitas bernilai ‘normal’ baik menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dan Shapiro Wilk dan hasil post test menunjukkan ‘tidak normal’ sehingga dilakukan Uji Wicolxon, sedangkan untuk kelas eksperimen untuk Uji Normalitas, hasil pre test baik menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dan Shapiro Wilk menunjukkan nilai ‘normal’ sedangkan untuk post test lebih bervariasi hasil Uji Kolmogorov Smirnov bernilai ‘tidak normal’ sedangkan Uji Shapiro Wilk menunjukkan nilai ‘normal’. Dengan pertimbangan di kelas kontrol menggunakan Uji Wicolxon maka di kelas eksperimen juga dilakukan Uji Wicolxon dengan mengacu hasil Uji Kolmogorov Smirnov. (2) Metode Jigsaw memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan nilai mahasiswa. Nilai signifikan ditunjukkan ketika performa dua kelas yang dijadikan bahan penelitian dibandingkan. Performa kelas eksperimen lebih unggul dari pada kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan.
Copyrights © 2024