Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Pemberian Reinforcement terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri Karang Tengah

Haq, Farid Faizul (Unknown)
Riyoko, Endie (Unknown)
Irawan, David Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui andanya pengaruh pemberian reinforcement terhadap hasil belajar IPAS materi teknologi untuk kehidupan di siswa kelas V SD Negeri Karang Tengah. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekseperimen dengan pengaruh pemberian reinforcement terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri Karang Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reinforcement berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri Karang Tengah. Hal itu dapat dibuktikan dari nilai rata rata hasil pretest kelas eksperimen adalah 52,9 dan setelah diberi perlakuan dengan pemberian reinforcement nilai rata-rata hasil posttest meningkat menjadi 80,0 jadi jumlah peningkatan berdasarkan nilai pretest dan posstest sebesar 27,1. Selain itu, melalui pengujian hipotesis dengan uji t hasil yang di peroleh bahwa nilai t = 17,556 dengan df = 27 dan angka sig Atau p-value sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan reinforcement terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri Karang Tengah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...