Tujuan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi analisis permainan tradisional dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk meningkatkan kebugaran siswa. Metode yang digunakan dalam review research ini adalah kualitatif, dengan pendekatan systematic literatur review. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada Google Scholar, ResearchGate, SINTA, dan beberapa jurnal artikel yang relevan lainnya. Sumber yang diperoleh mengacu pada tahun 2020 sampai dengan tahun 2024. Kata kunci dalam penelitian ini yaitu permainan tradisional, strategi pembelajaran, kebugaran jasmani, pendidikan jasmani. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Permainan tradisional merupakan strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa dalam konteks pendidikan dimana permainan tradisional dalam pendidikan jasmani menawarkan pendekatan holistik yang menggabungkan manfaat fisik dengan pengembangan keterampilan sosial, menjadikannya metode yang berharga dan efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat membahas terkait analisis permainan tradisional dalam pembelajaran pendidikan jasmani dalam berbagai aspek yang terkait dengan pembelajaran siswa.
Copyrights © 2024