Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Analisis Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Oftiah, Selli (Unknown)
Hayusti, Aprilia (Unknown)
Rahmania, Erina Andita (Unknown)
Supriyadi, Supriyadi (Unknown)
Izzatika, Amrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini meneliti penerapan Profil Pelajar Pancasila, salah satu komponen Kurikulum Merdeka, di sekolah dasar. Profil Pelajar Pancasila mengedepankan enam dimensi utama yaitu, iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, keberagaman global, gotong royong, kemandirian, nalar kritis, dan kreativitas, untuk membentuk karakter siswa. Studi ini berfokus pada SD Negeri 1 Bumi Nabung Baru, Lampung Tengah, di mana proyek bertema “Aku Cinta Tanamanku” diimplementasikan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi lapangan dan studi literatur, penelitian ini menemukan bahwa proyek tersebut berhasil mengembangkan literasi lingkungan, kerja sama, dan tanggung jawab siswa melalui kegiatan penanaman dan perawatan tanaman. Temuan ini menekankan pentingnya pengembangan karakter yang komprehensif dengan memperhatikan konteks sosial dan budaya siswa. Selain itu, kesuksesan program diukur melalui rubrik penilaian yang telah dirancang. Penelitian ini menyoroti cara efektif untuk mengembangkan karakter moral siswa di lingkungan pendidikan dasar melalui implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...