Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Matematika

Kurniawati Kurniawati (Universitas PGRI Palembang)
M Taheri Akhbar (Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika. Hal ini dilakukan atas dasar terdapatnya siswa yang masih kurang maksimal dalam pemahaman materi yang diajarkan. Sehingga pada saat evaluasi banyak siswa yang tidak tuntas atau belum maksimal. Dari fakta tersebutlah peneliti melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental Design yakni bentuk design One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 93 siswa di kelas V. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik Random Sampling yaitu teknik penentuan sampel secara acak. Maka sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VC yang berjumlah 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa tes soal pilihan ganda yang selanjutnya dianalisis data tersebut menggunakan Uji-t. Diperoleh rata-rata nilai Post-test 82 dan nilai Pre-test 69,5. Nilai yang diperoleh nilai Post-test lebih baik dari pada nilai Pre-test. Hal ini dikarenakan perlakuan dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media video animasi memang ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan materi bilangan cacah. Kemudian berdasarkan pengujian normalitas didapatkan data distribusi normal, maka analisis data tes akhir yang telah diuraikan sebelumnya. Diketahui uji t hipotesis thitung ˃ ttabel dengan thitung˃ = 10,59 dan ttabel = 1,69. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima atau thitung ˃ ttabel = 10,59 ˃ 1,69. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...