Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Peran Seni dan Budaya Lokal dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Daboti, Angraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran seni dan budaya lokal dalam pendidikan Islam anak usia dini, khususnya di Batu Sangkar, Sumatera Barat, yang memiliki kekayaan budaya yang kuat. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk mengeksplorasi bagaimana media seni dan budaya lokal seperti nyanyian, tari, dan cerita rakyat dapat meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap nilai-nilai Islam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media seni dan budaya lokal dapat meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman anak-anak terhadap nilai-nilai Islam. Penggunaan lagu dan cerita tradisional yang disesuaikan dengan nilai-nilai Islami memudahkan anak-anak untuk menginternalisasi konsep-konsep agama. Namun, tantangan seperti keterbatasan bahan ajar yang relevan dan kebutuhan akan pelatihan guru tetap ada. Untuk itu, disarankan kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan komunitas budaya untuk mengembangkan bahan ajar Islami berbasis budaya lokal serta memberikan pelatihan yang mendukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi seni dan budaya lokal dalam pendidikan Islam anak usia dini tidak hanya efektif dalam menyampaikan nilai-nilai agama tetapi juga membantu anak-anak membangun identitas budaya yang kuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...