Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Penafsiran Ayat-ayat tentang Psikologi dalam Al-Qur'an:: Perspektif Spiritual dan Mental Kesehatan

Ismiati, Ismiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penafsiran ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan kesehatan mental, khususnya konsep ketenangan batin (sakinah), kepasrahan (tawakkal), dan dzikir. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis isi terhadap tafsir klasik dan kontemporer serta wawancara mendalam dengan ahli tafsir dan psikolog Muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep-konsep spiritual dalam Al-Qur'an memiliki relevansi signifikan sebagai mekanisme koping untuk menghadapi tekanan psikologis, seperti stres dan kecemasan. Tawakkal dan dzikir terbukti dapat memberikan ketenangan dan membantu individu menghadapi tantangan hidup dengan perspektif yang lebih positif. Analisis hermeneutis juga menunjukkan bahwa penafsiran ayat-ayat tersebut dapat diterapkan dalam terapi kesehatan mental bagi pasien Muslim yang menginginkan pendekatan berbasis agama. Integrasi antara ajaran Islam dan terapi psikologis modern menciptakan metode yang lebih komprehensif dan sesuai dengan nilai-nilai keagamaan pasien. Temuan ini menawarkan pendekatan holistik yang penting untuk kesehatan mental umat Muslim di era modern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...