Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Tilatang Kamang. Kurikulum Merdeka, yang diterapkan sejak tahun 2022, bertujuan untuk memberikan fleksibilitas dan otonomi dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas implementasi pembelajaran TIK dalam kerangka Kurikulum Merdeka, dengan menilai aspek perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan menggunakan observasi, analisis dokumen, dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan hal itu terdapat berbagai tantangan dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran TIK, termasuk keterbatasan sumber daya dan kurangnya pelatihan bagi pengajar. Namun, ada juga sejumlah keberhasilan, seperti peningkatan keterampilan digital siswa dan penyesuaian materi ajar yang relevan dengan kebutuhan zaman. Kesimpulan dari penelitian ini merekomendasikan perlunya dukungan tambahan bagi guru dan pengembangan infrastruktur yang memadai untuk mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran TIK di SMAN 2 Tilatang Kamang.
Copyrights © 2024