Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) Bidang Jasa

Peni Puspitasari (Politeknik Negeri Malang)
Indra Lukmana Putra (Politeknik Negeri Malang)
Rizki Putri Ramadhani (Politeknik Negeri Malang)
Zulmy Faqihuddin Putra (Politeknik Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Di dunia usaha dan dunia industri khususnya bidang jasa, baik para pengusaha maupun pekerja membutuhkan keterampilan berbahasa yang baik dan benar dalam berkomunikasi untuk memajukan aktivitas bisnis. Keterampilan berbahasa Indonesia yang baik akan dapat mempermudah kerja sama dengan mitra bisnis dan membangun kredibilitas atau citra perusahaan. Namun, berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa praktik penggunaan bahasa Indonesia di dunia usaha dan industri belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena berbagai faktor. Riset bertujuan memperoleh gambaran detail penggunaan bahasa Indonesia di DUDI. Riset deskriptif kualtitafif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada perusahaan jasa lokal. Hasil riset menggambarkan detail penggunaan bahasa Indonesia di dunia usaha dan dunia industri, keterampilan berbahasa yang dibutuhkan di DUDI, kendala-kendala yang terjadi terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia di DUDI, dampak yang terjadi dan alternatif solusinya dari perspektif dunia industri. Lebih jauh dari itu, dari hasil penelitian ini akan dapat dianalisis celah atau missing link antara kebutuhan keterampilan berbahasa Indonesia di industri dan edukasi perguruan tinggi vokasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...