Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Komunikasi Matematik dengan Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Etnomatematika

Al Ikhlas (STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh)
Kamid Kamid (Universitas Jambi)
Syaiful Syaiful (Universitas Jambi)
Nizlel Huda (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Literatur review ini menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan komunikasi matematik siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan etnomatematika. PBL, sebagai pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pengalaman nyata, memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar melalui pemecahan masalah kontekstual. Di sisi lain, etnomatematika mengaitkan pembelajaran matematika dengan budaya lokal, meningkatkan relevansi dan motivasi siswa. Review ini mengkaji berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa kombinasi PBL dan etnomatematika dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi siswa. Hasil menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan pendekatan ini lebih mampu menerapkan konsep matematika, berkolaborasi dalam kelompok, dan mengkomunikasikan ide-ide mereka secara efektif. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi konteks budaya dalam pembelajaran matematika untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam dan keterlibatan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...