Literatur review ini menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan komunikasi matematik siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan etnomatematika. PBL, sebagai pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pengalaman nyata, memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar melalui pemecahan masalah kontekstual. Di sisi lain, etnomatematika mengaitkan pembelajaran matematika dengan budaya lokal, meningkatkan relevansi dan motivasi siswa. Review ini mengkaji berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa kombinasi PBL dan etnomatematika dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi siswa. Hasil menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan pendekatan ini lebih mampu menerapkan konsep matematika, berkolaborasi dalam kelompok, dan mengkomunikasikan ide-ide mereka secara efektif. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi konteks budaya dalam pembelajaran matematika untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam dan keterlibatan siswa.
Copyrights © 2024