Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Hak Asasi Manusia di Era Globalisasi Pers

Irsyahma, Ahmat Yasir (Unknown)
Lestarika, Dwi Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Pada era globalisasi yang terus berkembang, perhatian terhadap hak asasi manusia (HAM) semakin penting dan kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji status HAM dalam konteks globalisasi menggunakan metode penelitian normatif dan sekunder. Metode normatif dilakukan dengan menganalisis undang-undang yang berkaitan dengan HAM di berbagai negara, sementara penelitian sekunder mengkaji jurnal, artikel, situs web, buku, dan peraturan yang relevan. Penelitian ini menelusuri bagaimana konsep HAM diakomodasi dalam kerangka globalisasi, dengan fokus pada perkembangan hukum internasional yang mendukung perlindungan HAM. Ditemukan bahwa sebagian besar negara telah mengakui dan mengadopsi peraturan yang menegaskan perlindungan HAM sebagai bagian integral dari sistem hukum nasional dan internasional. Hasil penelitian sekunder menunjukkan tantangan dalam implementasi HAM, termasuk hubungan kompleks antara aspek politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Berbagai sumber memberikan wawasan mendalam tentang perubahan dinamis dalam interpretasi dan implementasi HAM, serta isu-isu kontemporer yang mempengaruhi pengakuan dan perlindungannya. Kesimpulannya, meskipun terdapat peningkatan kesadaran akan pentingnya melindungi HAM di tingkat global, tantangan-tantangan yang ada menuntut solusi yang lebih holistik dan kolaboratif untuk memastikan perlindungan HAM yang merata dan efektif di seluruh dunia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...