Penelitian ini menyelidiki bagaimana praktikum berpengaruh pada pembelajaran fisik siswa, terutama kinematika gerak lurus. Dalam penelitian ini, desain quasi eksperimen yang digunakan adalah pendekatan satu kelompok pretest-posttest. Sampel terdiri dari 43 siswa. Tes dilakukan melalui soal esai, dan data dianalisis menggunakan SPSS 27. Hasil belajar diukur dengan membandingkan nilai pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest adalah 55,93, dan nilai signifikansi normalitasnya adalah 0,887 dan 0,831, masing-masing lebih besar dari 0,05, yang menunjukkan distribusi normal. Terdapat perbedaan statistik yang signifikan antara variabel awal dan akhir, menurut nilai signifikansi uji-t sebesar 0,001. Effect size yang dihitung sebesar 2,4 termasuk kategori tinggi dengan tingkat efektivitas sebesar 98%. Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tentang topik gerak lurus meningkat secara signifikan ketika mereka menggunakan praktikum, yang menunjukkan bahwa praktik memiliki efek positif pada pembelajaran fisik siswa.
Copyrights © 2024