Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Efektivitas Penerapan Metode Praktikum pada Materi Kinematika Gerak Lurus terhadap Hasil Belajar Siswa

Dendy Surya Abadi (IAIN Palangka Raya)
Sri Fatmawati (IAIN Palangka Raya)
Marsaulina Demiaty (SMA Negeri 2 Palangka Raya)
Suhartono Suhartono (IAIN Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menyelidiki bagaimana praktikum berpengaruh pada pembelajaran fisik siswa, terutama kinematika gerak lurus. Dalam penelitian ini, desain quasi eksperimen yang digunakan adalah pendekatan satu kelompok pretest-posttest. Sampel terdiri dari 43 siswa. Tes dilakukan melalui soal esai, dan data dianalisis menggunakan SPSS 27. Hasil belajar diukur dengan membandingkan nilai pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest adalah 55,93, dan nilai signifikansi normalitasnya adalah 0,887 dan 0,831, masing-masing lebih besar dari 0,05, yang menunjukkan distribusi normal. Terdapat perbedaan statistik yang signifikan antara variabel awal dan akhir, menurut nilai signifikansi uji-t sebesar 0,001. Effect size yang dihitung sebesar 2,4 termasuk kategori tinggi dengan tingkat efektivitas sebesar 98%. Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tentang topik gerak lurus meningkat secara signifikan ketika mereka menggunakan praktikum, yang menunjukkan bahwa praktik memiliki efek positif pada pembelajaran fisik siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...