Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa pada pembelajaran matematika dan upaya guru mengatasi kesulitan siswa pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SDN 35 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan validitas data diuji dengan triangulasi sumber data, teknik dan waktu. Data dianalisa dengan tahapan pengumpulan data yaitu, reduksi data, paparan data serta penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini yaitu wali kelas II, 2 orang tua siswa dan 8 orang siswa kelas II SDN 35 Pekanbaru. Temuan analisa data yang peneliti temui yaitu pada saat proses pembelajaran matematika dikelas II berlangsung suasana belajar pembelajaran matematika terbilang tidak antusias dibandingkan dengan pembelajaran lainnya, karena siswa kurang menyukai pembelajaran matematika. hal ini terjadi karena siswa kurang menguasai cara hitung-hitungan matematika, sehingga membuat hasil belajar siswa masih rendah. Faktor penyebab kesulitan belajar terjadi karena dua faktor, yakni faktor internal (faktor psikologis dan fisiologis) faktor eksternalnya (faktor lingkungan keluarga, sekolah dan juga masyarakat).
Copyrights © 2024