Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN 004 Petapahan

Paula, Shilvy Resti (Unknown)
Dafit, Febrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang dikenal dengan nama Team Games Tournament (TGT) bertujuan untuk menumbuhkan lingkungan belajar yang santai, meningkatkan akuntabilitas individu dan kelompok, serta mendorong kolaborasi dan kompetisi yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 004 Petapahan, baik sebelum maupun sesudah penerapan model pembelajaran. Setelah dilakukan pengambilan sampel dari populasi dengan menggunakan metode direct random sampling sebagai bagian dari pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen, kelas VA menjadi kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok kontrol. Pertanyaan pilihan ganda digunakan untuk mengumpulkan data, dan uji-t digunakan untuk menganalisis hasilnya. Menurut temuan penelitian, skor posttest rata-rata kelompok kontrol adalah 65,71, sedangkan skor posttest rata-rata kelompok eksperimen adalah 74,29. Mengingat nilai Sig (2-tailed) uji hipotesis sebesar 0,011 lebih kecil dari 0,05, Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan TGT memiliki dampak yang baik dan signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi dan penilaian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...