Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Syafruddin, Syafruddin (Unknown)
Qahairatul, Miftatul (Unknown)
Rabiah, Nur (Unknown)
Ayuspita, Ela (Unknown)
Nursakinah, Nursakinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V di SDN. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan strategi berdiferensiasi dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar IPAS sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan uji t untuk membandingkan rata-rata hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan nilai p < 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan strategi ini dalam pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar yang beragam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...