Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Hubungan Antara Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMP N 23 Medan

Halawa, Titus (Unknown)
Alsa, Amelia (Unknown)
Lubis, Indah Sari Liza (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Siswa perlu memiliki kecerdasan emosional yang cukup, yang membantu mereka mengelola emosi, tetap termotivasi, dan berinteraksi secara positif di lingkungan belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang didasarkan pada data konkret berupa angka yang dianalisis dengan statistik untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Uji linearitas pada variabel kecerdasan emosional (X) menunjukkan deviation from linearity > 0,05 dengan signifikansi 0,861, menandakan adanya hubungan linear antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar. 2) Uji F menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 dan Fhitung 38,736 > Ftabel 3,12, sehingga terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar, dan Ha diterima. 3) Adjusted R-Square sebesar 0,345 menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berkontribusi 34,5% terhadap prestasi belajar, sementara 65,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...