Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Filsafat Ilmu Sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan

Wahyuningsi Tangahu (Universitas Negeri Gorontalo)
Asriyanti Maridji (Universitas Negeri Gorontalo)
Hasim Hasim (Universitas Negeri Gorontalo)
Frahmawati Bumulo (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak untuk mengintegrasikan filsafat ilmu ke dalam sistem pendidikan di Indonesia. Hal ini bertujuan mengatasi permasalahan fragmentasi pengetahuan yang selama ini menjadi kendala dalam mencapai tujuan pembelajaran yang menyeluruh. Keterbatasan pengajaran filsafat ilmu di berbagai jenjang pendidikan telah menyebabkan rendahnya kesadaran akan hubungan antara ilmu, moral, dan nilai-nilai kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran filsafat ilmu sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam konteks pendidikan, serta implikasinya terhadap pemikiran kritis dan etika ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat ilmu berperan penting dalam memperkuat paradigma pendidikan melalui pengembangan pemikiran kritis, reflektif, dan interdisipliner. Integrasi filsafat ilmu dalam pendidikan memberikan landasan untuk memahami hakikat ilmu, cara memperoleh pengetahuan yang valid, serta penerapan ilmu untuk tujuan yang bermanfaat secara etis. Selain itu, filsafat ilmu mendorong pendekatan holistik dalam pembelajaran yang mampu menjembatani disiplin ilmu yang terfragmentasi, sehingga menghasilkan pemahaman yang lebih utuh terhadap realitas kehidupan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif dengan analisis literatur. Data diperoleh dari berbagai sumber, termasuk buku, artikel ilmiah, dan dokumen pendidikan. Analisis dilakukan melalui studi mendalam terhadap konsep-konsep filsafat ilmu, meliputi ontologi, epistemologi, dan aksiologi, serta relevansinya terhadap pengembangan pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...