Pelaksanaan pembelajaran yang mengenalkan anak kepada matematika sejak usia dini juga sangatlah penting. Untuk itu perlu adanya media yang baik dan mampu memberikan pemahaman kepada anak dalam proses pembelajaran. Apron Hitung adalah media atau alat bantu yang ditujukan untuk peserta didik agar anak didik lebih mudah memahami konsep- konsep angka, anak lebih termotivasi untuk belajar berhitung, serta menumbuhkan minat anak untuk belajar berhitung. Peneliti yang digunakann dalam penelitian ini ialah penelitian menggunakan analisis data kuantitatif dengan metodeĀ eksperimen yang mempengaruhi variabel indipendent terhadap variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen dengan rancangan desain One Groip Prettest-posttest Desing, peneliti memberikan pretest. Pengaruh media apron hitung terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru sebesar 48,92%. Berdasarkan analisis data dan hasil yang didapatkan sebelum diberikan perlakuan (pretest) kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Pekanbaru dengan total 138 dengan presentase 38% berada pada kategori mulai berkembang (MB). Dapat diketauhi skor akhir terendah terdapat pada indikator 3 dan 4 yaitu mengurutkan bilangan 1-20 dan menyelesaikan dengan jumlah benda dengan skor 23 dan presentase 38% berada pada kriteria mulai berkembang (MB).
Copyrights © 2025