Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Peran Digitalisasi Pendidikan terhadap Mutu Sekolah

Subekti, Yelli Ari (Unknown)
Haryati, Titik (Unknown)
Wuryandini, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Digitalisasi pendidikan telah mengubah sistem pendidikan di Indonesia dengan menyediakan akses yang lebih luas dan pemerataan pendidikan, khususnya melalui pembelajaran jarak jauh. Teknologi digital memungkinkan siswa di berbagai daerah, termasuk daerah terpencil, untuk mengakses materi pembelajaran yang lebih beragam. Digitalisasi juga mendorong peningkatan kualitas pembelajaran melalui penggunaan metode inovatif seperti mobile learning dan gamifikasi, yang dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Namun, digitalisasi pendidikan juga menghadirkan tantangan, terutama terkait dengan kesiapan sumber daya manusia, keterbatasan literasi digital, dan infrastruktur yang masih kurang memadai. Peningkatan kompetensi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi pendidik menjadi hal penting untuk menghadapi perubahan ini. Selain itu, dukungan kebijakan pemerintah dan komitmen berbagai pemangku kepentingan dibutuhkan untuk keberhasilan transformasi digital di sekolah. Digitalisasi juga berperan dalam mendukung program Merdeka Belajar, dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar secara lebih fleksibel. Dengan demikian, meskipun digitalisasi pendidikan menawarkan peluang untuk meningkatkan mutu sekolah, diperlukan upaya yang terintegrasi dalam menyiapkan sumber daya manusia, kebijakan, dan infrastruktur yang mendukung agar transformasi ini dapat berjalan optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...