Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Penggunaan Metode Drill pada Ekstrakurikuler Ansambel Gitar di SMK Negeri 1 Tulung Selapan

Pratama, Andre (Unknown)
Firmansyah, Feri (Unknown)
Firmansyah, Dedy (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana kegiatan ekstrakurikuler ansambel gitar di SMK Negeri 1 Tulung Selapan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Menganalisis penggunaan metode drill pada ekstrakurikuler ansambel gitar di SMK Negeri 1 Tulung Selapan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi dari tiga sumber data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kegiatan ekstrakurikuler ansambel gitar di SMK Negeri 1 Tulung Selapan sudah berjalan cukup baik, namun untuk siswa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler ansambel gitar ini, hal tersebut di sebabkan oleh kurangnya motivasi dalam mempelajari musik daerah itu sendiri, serta tingkat kesulitan siswa dalam mengikuti proses kegiatan ekstrakurikuler ansambel gitar bermacam-macam seperti kesulitan dalam mempelajari teknik-teknik dasar bermain gitar terutama gitar klasik, serta sulitnya untuk mempelajari notasi balok bagi para siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...