Penelitian ini di latar belakangi bahwa masalah terhadap minat baca siswa di SMP 2 Sitiung masih rendah sehingga sekolah perlu mengembangkan gerakan literasi sekolah tersebut agar meningkatkan minat baca pada siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan program literasi sekolah dan minat baca siswa di SMP N 2 Sitiung.Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori struktural fungsional Talcott Parsons dengan skema AGIL, teori ini dapat membantu memahami bagaimana gerakan literasi sekolah dapat menciptakan keseimbangan antara berbagai kebutuhan dan kepentingan dalam komunikasi sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif tipe deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini sebanyak 17 orang. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kelompok sedangkan analisis data yaitu pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (Penyajian data) dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Analisis Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di SMP N 2 Sitiung terdapat Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP 2 Sitiung terdiri dari tiga tahap utama: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran.
Copyrights © 2025