Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Identifikasi Kandungan Paracetamol pada Jamu Pegal Linu Merek X yang Beredar di Kota Makassar Menggunakan Metode Spektrofometri UV Vis

Ningrum Anggriani (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nurul Fitrah Fadilla Arif (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Alif Pratama Abdar (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Dewi Liyin Mondo (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Wahyuni Wahyuni (Universitas Muhammadiyah Makassar)
A. Sry Mulya Ningsih (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sitti Nurfadila (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Yazkuri Ni'ma Walfadilah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Risma Risma (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Firsa Putri (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Haryanto Haryanto (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Jamu adalah ramuan yang menggunakan bahan berupa tumbuhan, hewan, mineral, sediaan galenik, atau campuran dari bahan tersebut untuk pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sampel jamu yang beredar di kota makassar yang dicurigai mengandung paracetamol. Teknik penelitian dilakukan dengan analisis kuantitatif menggunakan instrumen Spektrofotometer UV-Vis. Hasil absorbansi baku pembanding paracetamol yang diperoleh pada konsentrasi 2,4,6,8 dan 10 ppm secara berturut-turut dari konsentrasi yaitu 0,022; 0,043; 0,012; 0,036; dan 0,019 adapun hasil absorbansi pada sampel jamu X diperoleh pada replikasi 1,2,3 secara berturut-turut sebesar 0,014; 0,015; 0,014. Persentasi rata-rata kadar paracetamol pada sampel jamu X ditentukan menggunakan rumus kuantitatif diperoleh hasil sebesar 6,4%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...