Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN 1 Wulung, Randublatung, Blora

Wijaya, Artadhewi Adhi (Unknown)
Haryati, Titik (Unknown)
Wuryandini, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi pendekatan deep learning di SDN 1 Wulung, Randublatung, Blora, dengan fokus pada integrasi meaningful learning, mindful learning, dan joyful learning. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, penelitian melibatkan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan sekolah dalam mengimplementasikan tiga aspek utama deep learning dengan adaptasi konteks lokal. Meaningful learning diterapkan melalui kontekstualisasi pembelajaran dengan masalah lokal, mindful learning melalui strategi metakognitif sistematis, dan joyful learning melalui integrasi budaya lokal. Sekolah mengatasi tantangan infrastruktur digital melalui model pembelajaran hybrid dan meningkatkan kapasitas guru melalui program pengembangan profesional berkelanjutan. Dampak positif terlihat pada peningkatan kemampuan berpikir kritis, penguatan karakter dan keterampilan sosial sesuai konsep "6C", serta peningkatan motivasi belajar siswa. Model implementasi ini memberikan contoh bagaimana sekolah di daerah semi-urban dapat melakukan transformasi pembelajaran bermakna dengan mengintegrasikan aspek kognitif, sosial-emosional, dan kultural.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...