Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Efektivitas Buku Cerita Fabel terhadap Bahasa Ekspresif Anak Down Syndrome di Surakarta

Janata, Meshela Aura (Unknown)
Wiliyanto, Dian Atnantomi (Unknown)
Soesyasmoro , R. Asto (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2025

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah tentang apakah buku cerita fabel dapat digunakan sebagai media dalam peningkatan bahasa ekspresif anak down syndrome. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas buku cerita fabel terhadap bahasa ekspresif anak down syndrome di Surakarta. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan sebanyak 5 kali, sampel didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan pengambilan data dilakukan dengan one group pretest-posttest dan analisis data yang digunakan yaitu uji statistik parametrik Shapiro-Wilk dan uji beda menggunakan Wilcoxon. Kesimpulan dari penelitian ini adalah anak down syndrome membutuhkan media yang menarik dan mudah dipahami untuk peningkatan bahasa ekspresifnya. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa terdapat peningkatan pada bahasa ekspresif 15 anak down syndrome di SLB Negeri Surakarta dan SLB Panca Bakti Mulia Surakarta sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan media buku cerita fabel, namun terdapat keterbatasan yaitu ada pada usia 15 responden ini tidak menentukan kelas dan kemampuan bahasa ekspresifnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...