Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Pemetaan Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 tahun di Tk IT Maafaza Islamic Prescholl Pekanbaru

Zuraidah, Zuraidah (Unknown)
N, Zulkifli (Unknown)
Satria, Defni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Pemetaan kemampuan anak untuk menyimak suatu informasi sangatlah penting karena dengan menyimak anak akan memperoleh informasi yang dapat dikaitkan dengan kehidupannya sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk untuk memetakaan kemampuan menyimak anak pada usia dini (4-5 tahun) di TK IT Maafaza Islamic Preschool Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dari hasil observasi, kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK IT Maafaza Islamic Preschool Pekanbaru, pada indikator menyimak perkataan orang lain 54% (berkembang sesuai harapan), indikator mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan 72% (berkembang sesuai harapan), indikator memahami cerita yang dibacakan 75% (berkembang sesuai harapan), indikator perbendaharaan kata sifat 74% (berkembang sesuai harapan), dan terahir indikator mendengarkan dan membedakan bunyi-bunyian dalam bahasa Indonesia 51% (berkembang sesuai harapan). Secara keseluruhan, kemampuan menyimak siswa mencapai persentase 67% yang masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan menyimak anak-anak secara umum sudah berkembang dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...